Cara Merawat dan Membersihkan Soft Furniture di Rumah

 

Merawat dan membersihkan soft furniture di rumah merupakan langkah penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan interior rumah Anda. Soft furniture seperti sofa, kursi empuk, dan bantal biasanya terbuat dari bahan yang mudah menyerap debu, kotoran, dan bau. Berikut adalah beberapa tips dari cleaning service panggilan area Jogja untuk merawat dan membersihkan soft furniture dengan efektif:

  1. Vakum secara Rutin: Salah satu langkah paling penting dalam merawat soft furniture adalah dengan melakukan penyedotan debu secara rutin menggunakan vakum. Gunakan alat vakum dengan lampiran sikat lembut untuk mengangkat debu dari permukaan sofa, kursi, dan bantal. Lakukan ini minimal seminggu sekali atau lebih sering jika diperlukan, terutama jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi debu.
  2. Cuci Sarung Penutup yang Dapat Dilepas: Jika soft furniture Anda dilengkapi dengan sarung penutup yang dapat dilepas, pastikan untuk mencucinya secara teratur sesuai dengan petunjuk pada label perawatan. Gunakan deterjen yang lembut dan air dingin atau hangat untuk menjaga kelembutan dan warna kain.
  3. Membersihkan Noda dengan Cepat: Jika soft furniture Anda terkena tumpahan atau noda, segeralah membersihkannya dengan kain yang bersih dan basah. Hindari menggosok dengan keras, karena hal ini dapat merusak serat kain. Gunakan produk pembersih khusus noda jika diperlukan, tetapi pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu pada bagian kecil yang tidak mencolok.
  4. Menggunakan Penyedot Debu Portable: Selain vakum, Anda juga dapat menggunakan penyedot debu portable dengan lampiran sikat kecil untuk membersihkan lipatan atau celah-celah yang sulit dijangkau oleh vakum biasa. Penyedot debu portable ini juga berguna untuk membersihkan debu dari kain yang lebih sensitif.
  5. Menggunakan Pewangi Ruangan: Setelah membersihkan soft furniture, Anda dapat menyemprotkan pewangi ruangan atau pengharum tekstil yang ringan untuk memberikan aroma segar. Pastikan untuk memilih produk yang aman untuk digunakan pada bahan kain dan tidak menyebabkan iritasi kulit atau alergi.
  6. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung: Soft furniture yang terkena paparan sinar matahari langsung dapat mengalami perubahan warna dan kerusakan pada serat kain. Jaga soft furniture Anda dari sinar matahari langsung dengan menempatkannya di tempat yang teduh atau menggunakan tirai atau gorden untuk melindunginya.
  7. Gunakan Cover atau Pelindung: Untuk melindungi soft furniture dari kotoran dan noda, Anda dapat menggunakan cover atau pelindung yang dapat dilepas dan dicuci secara teratur. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil di rumah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga soft furniture di rumah tetap bersih, segar, dan nyaman untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Merawat dan membersihkan soft furniture secara teratur juga dapat memperpanjang umur pakainya dan menjaga nilai estetika interior rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *